Tips Dasar Berburu Beasiswa Jepang

Mendapatkan beasiswa sekolah ke Jepang dari institusi asing itu gampang-gampang susah. Selain kemampuan diri kita sendiri, kadang keberuntungan serta akses informasi yang justru menjadi poin penting penentu keberhasilan.

Di sini kami mencoba merangkum tiga situs yang berisi informasi umum dan tips mengenai studi di Jepang. Situs pertama yang paling penting dan perlu dikunjungi adalah Study Japan: http://www.studyjapan.go.jp/en. Situs Study Japan ini tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Indonesia. Kita bisa mendapatkan informasi latar belakang mengapa memilih Jepang sebagai tempat tujuan belajar, kemudian sistem pendidikan di Jepang, hingga seputar kehidupan di Jepang. Selain itu, informasi dikelompokkan berdasarkan kondisi pembaca, apakah ia calon pelajar, atau sudah berada di Jepang, atau alumni Jepang.

Selanjutnya, kita perlu mengetahui tips-tips umum dalam mendapatkan beasiswa. Berikut ini informasi dari Scholarshipnet: http://www.scholarshipnet.info/category/scholarship-tips/. Dalam situs Scholarshipnet, kita dibekali pengetahuan korespondensi dengan calon pembimbing (profesor). Kita diberi pula tips-tips menulis curriculum vitae, motivation letter, dan bagaimana memperoleh recommendation letter yang kuat sebagai aplikasi beasiswa.

Nah, setelah mengetahui langkah-langkah dasar dan sistem pendidikan di Jepang, kita dapat mencari sendiri beasiswa Jepang yang diinginkan. Situs JPSS cukup berlimpah memberi informasi beasiswa seluruh Jepang: http://www.jpss.jp/sguide/index.html. Sayangnya informasi ini hanya ditampilkan lengkap jika menggunakan pilihan Bahasa Jepang. Meski demikian, kita bisa memanfaatkan Google Translate untuk sepintas menerjemahkannya. Di pojok kanan website pun dapat kita temukan pilihan Bahasa Inggris, tetapi kami tidak sarankan bahasa tersebut ketika sudah melakukan pencarian.

Cara menggunakan website JPSS dalam bahasa Jepang:

  1. 応募時の居住地 (tempat tinggal skrg): Jepang (日本) atau luar jepang (日本以外)
  2. 応募締切(月): Bulan aplikasi [Januari (1)? Desember(12)], silakan dipilih.
  3. 課程: Course: S1(学部)、S2(修士)、S3(博士)
  4. 学校の所在地:Lokasi Sekolah yang diinginkan
  5. Klik tombol cari.

Semangat!!!