Beasiswa Panasonic

Sebagai salah satu raksasa elektronik, Panasonic menawarkan beasiswa bagi mahasiswa dari 8 negara yang memiliki hubungan erat dengan Panasonic, termasuk Indonesia! Target penerima beasiswa ini terbatas hanya untuk para mahasiswa yang melanjutkan studi master (S2) di Jepang dalam bidang Matematika, Natural Science, Engineering, Biotechnology, Agricultural, dan Teknologi Informasi.

Seperti kebanyakan beasiswa, beasiswa Panasonic mengharuskan penerimanya mengurus sendiri semua hal yang terkait akomodasi dan studinya. Selain itu, beasiswa ini mensyaratkan penerima menguasai kemampuan bahasa Jepang dasar (minimal level N4) sebelum keberangkatan ke Jepang. Namun selama proses pendaftarannya sendiri tidak perlu memiliki sertifikat kemampuan bahasa Jepang level N4.

Besaran beasiswa yang akan diterima oleh mahasiswa terbilang cukup besar, yaitu 150.000 yen saat masih berstatus sebagai research student dan 180.000 yen saat sudah menempuh studi master. Beasiswa ini juga mencakup biaya tiket pesawat dan bantuan membayar SPP per semester sebesar maksimal 250.000 yen. Kompetisi dalam mendapatkan beasiswa ini terbilang cukup sulit, karena setiap tahunnya hanya berkuota 26 orang dari 8 negara penerima. Info lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat ditemukan di website Panasonic Scholarship.