Beasiswa BSOB PPI Fukuoka untuk SD dan SMP

BSOB adalah singkatan dari Badan Semi Otonomi Beasiswa yang merupakan bagian dari Persatuan Pelajar Indonesia di Fukuoka (PPIF). Pada awalnya, badan ini dibentuk dengan tujuan untuk membantu anak-anak yang terancam putus sekolah sehingga tidak bisa menyelesaikan pendidikan dasar (SD dan SMP).

Kini, pemerintah telah mencanangkan program wajib belajar 9 tahun dan menggratiskan biaya sekolah hingga SMP. Meski demikian, masih sering kita lihat di lingkungan kita yang tidak mampu dan mempunyai kesulitan dalam pengadaan kelengkapan alat penunjang pendidikannya, seperti buku, sepatu, dan lain-lain. Oleh karena itu, BSOB tetap ingin hadir memberikan perhatian kepada mereka dengan meneruskan dan semakin memperbaiki program beasiswa ini.

Ide dan konsep yang ada dalam badan ini lahir sejak tahun 2002 dan diresmikan sebagai sebuah bagian dari kegiatan PPIF tahunan sejak Bulan Mei 2003. Dalam pelaksanaannya, BSOB bekerja sama dengan organisasi NGO Jepang, Teman Hati, yang juga mempunyai perhatian besar kepada pendidikan anak-anak Indonesia.

Penerima beasiswa BSOB merupakan siswa-siswi SD atau SMP di Indonesia yang namanya ditunjuk oleh anggota atau alumni PPIF. Besar beasiswa tersebut adalah:

SD : Rp. 280,000/tahun per siswa
SMP : Rp. 400,000/tahun per siswa

Pengajuan siswa sampai saat ini hanya bisa dilakukan oleh anggota PPIF atau alumni PPIF. Anggota PPIF yang masih berada di Jepang dapat menunjuk kerabat yang dapat dipercaya dan mempunyai akses internet mudah untuk membantu dalam penyaluran beasiswa langsung kepada siswa. Sedangkan, alumni PPIF yang sudah berada di Indonesia dapat mengajukan siswa langsung. Pengiriman beasiswa di Indonesia dilakukan oleh koordinator BSOB yang berada di Indonesia kepada penyalur beasiswa di Indonesia.

Beasiswa diberikan setiap satu tahun sekali. Pembukaan pengajuan beasiswa biasanya dimulai pada Bulan Juli dan ditutup pada akhir Bulan Juli. Setelah itu, pengiriman beasiswa biasanya akan dilaksanakan pada Bulan Agustus.

Jumlah penerima beasiswa selama ini dapat dilihat pada grafik berikut:

Dana BSOB berasal dari banyak kegiatan PPIF dan donasi dari berbagai pihak. Kegiatan PPIF tersebut antara lain mengikuti bazar dengan menjual suvenir khas Indonesia di berbagai kesempatan yang ada di Fukuoka. Selain itu, pengadaan Indonesia Culture Day yang dimulai dari tahun 2003 juga merupakan penyumbang dana terbesar bagi BSOB setiap tahunnya.

Bagi rekan-rekan PPI Jepang yang berminat menyumbang untuk program BSOB dapat diberikan langsung melalui rekening bank di Jepang dengan nomor sebagai berikut:

西日本銀行箱崎支店 (Nishi Nihon Ginkou, Hakozaki Shiten)
BSOB PPIF 代表 Lutfiana Sari Ariestien ビーエスオービ ピーピーアイエフ
No. 2024015
Branch Code: 206

Kami mengundang Anda untuk berpartisipasi membantu generasi penerus bangsa dengan mengirimkan donasi ke rekening tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kami melalui email bsob.ppif[di]gmail[dot]com.