Beasiswa PPI Todai 2012-2013

PPI Todai (University of Tokyo) sejatinya dibentuk tidak hanya sebagai wadah silaturahmi dan berkumpul di antara sesama mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Todai namun juga diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan di sekitarnya, baik di Jepang maupun di tanah air tercinta. Oleh karena itu, di luar kegiatan rutin seperti belajar, sejak beberapa tahun yang lalu PPI Todai mulai mengumpulkan dana secara sukarela dari anggota PPI Todai guna disalurkan sebagai beasiswa kepada anak-anak sekolah yang kurang beruntung secara finansial di semua jenjang pendidikan di Indonesia.

Program beasiswa ini mulanya dinamai Beasiswa Haryanto. Tercetus secara spontan dari keprihatinan anggota PPI Todai dengan peristiwa yang terjadi tahun 2003 yang lalu yakni percobaan bunuh diri seorang siswa kelas 4 SD di Garut Jawa Barat bernama Haryanto, karena tidak mampu membayar uang ekstrakurikuler sekolah. Prihatin dengan peristiwa tersebut, PPI Todai bertekad untuk berkontribusi pada dunia pendidikan dasar di Indonesia, dengan memberikan beasiswa, agar tidak ada “Haryanto-Haryanto” yang lain yang mengalami nasib serupa.

Donatur dari program beasiswa ini adalah dari sumbangan sukarela para mahasiswa anggota PPI Todai sendiri, meskipun demikian besarannya dibatasi minimal 500 yen per bulan yang diharapkan tidak terlalu memberatkan. Dengan alasan untuk mempromosikan keberadaan beasiswa ini lebih jauh lagi maka sejak kepengurusan Alia Bihrajihant Raya selaku ketua PPI Todai periode 2012-2013, beasiswa ini kemudian disebut sebagai “Beasiswa PPI Todai”.

Sejauh ini program beasiswa sudah berhasil mengumpulkan dana sebesar 210.300 yen terhitung sejak pertama kali program ini diluncurkan. Penyaluran pertama dilakukan di Yogyakarta dengan bantuan Bapak Budi Laksono sebesar 68.000 yen. Berikutnya penyaluran beasiswa di lakukan di Palembang dengan bantuan Bapak Iskhaq sebesar 10.000 yen lalu diteruskan di Wonosobo sebesar 30.000 yen oleh Bapak Sidiq Hidayat. Ibu Farah Fahma menyalurkan di Tuban sebesar 20.000 yen. Berikutnya kembali ke Yogyakarta yang disalurkan melalui Bapak Subedjo sebesar 20.000 yen pula.

Sedangkan penyaluran terakhir dilakukan di 2 tempat yakni di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur dan Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Empat orang penerima Beasiswa PPI Todai di Kecamatan Matraman masing-masing memperoleh Rp. 250.000 yakni 1 orang siswa SMP Nurul Iman, 1 orang siswi SMPN 97, 1 siswi SD Pal Meriam 02 Petang dan 1 siswi SD Utan Kayu Selatan.

Di Tangerang Selatan telah pula disalurkan kepada 3 orang siswa dan 1 orang siswi SDN Muncul 1 Kecamatan Setu dengan besaran yang sama yakni Rp. 250.000,-. Jadi hingga saat ini distribusi Beasiswa ini telah menjangkau banyak daerah di Indonesia mulai dari Yogyakarta, Palembang, Wonosobo, Tuban dan terakhir Tangerang dan Jakarta dengan nilai mencapai 171.605 yen (plus biaya administrasi transfer dan lain-lain). Siapapun anggota PPI Todai maupun alumni dapat turut membantu menyalurkan beasiswa ini.

Sungguh meskipun besaran beasiswa masih relatif kecil namun diharapkan beasiswa ini bisa sedikit meringankan beban orang tua dan juga dapat memotivasi anak-anak sekolah untuk terus giat belajar dalam menggapai cita-cita. Ucapan terima kasih juga ada yang disampaikan secara tertulis oleh adik-adik penerima beasiswa ini, dan mereka sungguh sangat bersyukur dan berterima kasih. Oleh karena itu, bagi rekan-rekan sekalian, kami sangat mengharapkan untuk terus mendukung program ini. Salurkan sebagian rezeki anda agar kelangsungan program ini bisa terus dirasakan manfaatnya oleh adik-adik di tanah air. Semoga dengan program ini makin banyak putra-putri Indonesia yang bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang semakin tinggi.

Sementara menunggu akun bank resmi yang khusus diperuntukkan Beasiswa PPI Todai, untuk sementara pengumpulan beasiswa bisa langsung disampaikan kepada:

  1. Alia Bihrajihant Raya (Ketua PPI Todai)
  2. Baharuddin Maghfuri (Wakil ketua PPI Todai)
  3. Firman Jiang (bendahara PPI Todai)
  4. Ali Suhardiman (pengurus Beasiswa PPI Todai)
  5. Seto Wahyudi (pengurus Beasiswa PPI Todai)